1.Kita buat dulu naskah utama
dokumen yang ingin dibuat. Misalnya untuk kepala surat seperti di bawah ini
{beri jarak untuk menaruh nama dan alamat).
2. Kemudian
kita jalankan mail merge wizard, caranya klik menu Maillings kemudian
klik Start Mail Merge (pada grub start mail merge) lalu pilih Step
by Step Mail Merge Wizard.
3. Akan
muncul wizard di sebelah kanan. Pada step pertama kita pilih dulu document type
Letters kemudian klik tombol Next di bagian bawah
wizard.
4. Pada step
kedua pilih User the current document. Kemudian klik Next.
5. Pada step
ketiga ini kita pilih Type a new list. Kemudian klik Create.
6. Akan
muncul kotak dialog baru, disinilah kita akan mengisi data nama dan alamat
untuk surat nantinya. Secara default nama kolom sudah terbentuk, namun untuk
penyesuaian kita buat kolom baru saja. Caranya klik Costumize Columns.
7. Kemudian
hapus semua field names yang ada.
8. Setelah
terhapus buat lagi yang baru dengan nama yang bisa kamu sesuaikan. Klik OK,
kemudian klik OK lagi.
9. Jadi
sudah terbentuk kolom yang baru dimana hanya terdiri dua kolom saja. Isikan
data sesuai dengan yang akan dimasukan ke surat nanti, seperti nama dan alamat.
Jika sudah klik OK.
10. Setelah
klik OK, kamu akan diminta untuk menyimpan file tersebut dengan nama yang bisa
kamu sesuaikan.
11. Setelah
menyimpan, kamu bisa menyeleksi data mana yang akan digunakan. Setelah itu,
klik OK.
12. Sekarang
kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
13. Letakkan
kursordi bawah Kepada Yth. kemudian pada menu Maillings,
grup Write & Insert, klik Insert Merge Field,
lalu pilih nama.
14. Lakukan
hal seperti di atas untuk menaruh data alamant. Nanti hasilnya akan seperti
gambar di bawah ini.
15. Untuk
melihat hasilnya, klik Privew Result. Akan diperlihatkan hasilnya
satu per satu.
16. Jika
ingin melihat hasil lainnya, tinggal ganti saja index nomornya menjadi nomor
data pada tabel data tadi. Misal untuk melihat hasil data nomor dua, ganti saja
index nomornya menjadi 2.
17. Setelah
semuanya dirasa sudah benar, kita bisa menyimpannya sebagai dokumen baru
ataupun mencetaknya langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar